Beranda > Jabon > Tips Menanam Jabon

Tips Menanam Jabon

kayu jabon

Kali ini posting yang agak ringan tapi penting aja ya…🙂

Oke…Dalam menanam kayu Jabon ada beberapa faktor yang diperhatikan, yaitu tips cara penanaman Jabon di lahan subur dan lahan yang kurang subur. Kalau di lahan subur tentunya penanaman lebih mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus.🙂

Untuk hal itu yang perlu diperhatikan waktu penanaman  Jabon pada lahan kering / kurang subur adalah sebagai berikut :

1. Pada saat pra tanam diadakan pengolahan lahan bisa menggunakan herbisida roundoup dan sebgainya untuk membersihkan lahan dari alang-alng dan gulma pengganngu bibit Jabon.

2. Pembuatan lubang tanam usahakan besar nya sekitar 40x40x40 cm, supaya akar yang masih lemah bisa berkembang dengan baik.

3. Sebelum tanaman bisa menggunakan nematisida furadan supaya akar Jabon yang masih lemah tidak habis di makan cacing halus yang menyerang akar serabut. Ciri-ciri  akar yang terkena serangan cacing halus adalah daun kuning dan gugur.

4. Pupuk organik matang sebanyak minimal 3 kg dan NPK 20 gram per lubang untuk pemicu awal pertumbuhan. Akan lebih baik ditambah pupuk hayati yang mengandung bakteri perombak tanah atau mikoriza.

5. Cara lain bagi lahan kritis, per lubang bisa ditambah 1 ember kecil tanah subur (dari bawah pohon yang besar atau rumpun bambu) untuk adaptasi awal biar tanaman cepat berkembang.

6. Setelah selesai melakukan penanaman segera semprot tanaman jabon tersebut dengan fungisida dan pestisida sistemik di antaranya (curacron, antrakol, rizotin, dan sebagainya) untuk menghindari Jabon dari santapan ulat daun, belalang dan jamur.🙂

Kategori:Jabon
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: