Beranda > Pemanasan Global > Tindakan Kecil Bermakna Besar (Ayo selamatkan bumi kita!!)

Tindakan Kecil Bermakna Besar (Ayo selamatkan bumi kita!!)

pohon

Bila engkau berpikir untuk satu tahun ke depan, tanamlah sebiji benih.
Bila engkau berpikir untuk sepuluh tahun ke depan, tanamlah sebatang pohon.
(Pepatah Cina)
Isu pemanasan global akhir-akhir ini selalu menjadi topik perbincangan hangat di forum-forum diskusi. Sebuah kenyataan yang sepertinya tak bisa lagi diacuhkan begitu saja adalah lapisan ozon makin menipis. Akibatnya bumi semakin panas, atau biasa disebut pemanasan global. Penyebab menipisnya lapisan ozon ini adalah banyaknya penggunaan Klorofluorokarbon (CFC) di bumi. CFC mengandung klorin yang apabila dilepas ke atmosfer dapat merusak molekul-molekul ozon. Bahkan, satu molekul CFC dapat menghancurkan 10.000 molekul ozon. CFC paling banya dihasilkan oleh Air Conditioned (AC), kulkas, aerosol, pembuatan busa dan bahan pelarut yang banyak terdapat di kilang-kilang elektronik. Semua alat penghasil CFC ini boleh dibilang merupakan kebutuhan dasar manusia modern.

Selain itu, salah satu hal yang memperparah kian menipisnya lapisan ozon adalah semakin berkurangnya pepohonan. Di negara-negara maju dan berkembang, hutan-hutan dibabat habis dan dijadikan lahan industri. Pepohonan diganti dengan gedung-gedung pencakar langit. Padahal, tumbuhan hijau berperan mengubah karbondioksida (CO2) yang terlepas ke udara menjadi oksigen (O2) melalui proses fotosintesis. Dan tentunya kita tahu, oksigen adalah sumber kehidupan manusia. Saya membayangkan suatu hari nanti, jika pepohonan benar-benar habis, bumi semakin panas, oksigen kian berkurang, dan makhluk hidup akan sesak nafas, maka kehidupan di muka bumi akan berakhir. Apalagi dengan semakin menipisnya lapisan ozon, hal paling ngeri yang patut kita ingat adalah mencairnya lapisan es di daerah kutub, yang akan mengakibatkan bumi tenggelam. Dan jika hal ini benar-benar terjadi, kiamat bukan lagi suatu hal yang tak dapat kita bayangkan.

 

Kita semua pasti tahu bahaya yang bisa ditimbulkan oleh akibat menipisnya lapisan ozon. Ozon berperan untuk menangkis sinar ultraviolet, sehingga mengurangi panas yang sampai ke bumi. Jika lapisan ozon menipis, maka radiasi sinar matahari akan langsung ke bumi tanpa melalui proses penyaringan, dan hal ini dapat berakibat fatal. Salah satunya adalah munculnya berbagai penyakit, seperti kanker kulit.

 

Sementara itu, pemerintah terkesan cuek dan tidak bisa bertindak tegas atas segala bentuk pengrusakan hutan yang marak terjadi di Indonesia. Buktinya, maraknya kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatra seakan tidak mendapat tindak lanjut apa-apa. Padahal, hal seperti ini perlu penanganan yang serius. Belum lagi kasus illegal loging yang tiada henti dan Hak Guna Usaha hutan yang dengan seenaknya saja diberikan kepada pengusaha yang berkepentingan mempertebal kantong sendiri.

 

Bermula dari rasa keprihatinan akan hal itu, kami berfikir kita harus bergerak dan mengubah diri kita. bukan hanya bergerak dengan lisan dan sebuah kritikan terhadap orang lain, tapi kita harus bertindak dengan gerakan yang nyata untuk menyelamatkan Bumi kita ini dari Pemanasan Global yang semakin hari semakin memprihatinkan.

 

Permasalahan ini tidak hanya tanggung jawab anda, kami ataupun orang lain yang digajih untuk hal ini (pemerintah), tapi permasalahan ini adalah tanggung jawab kita manusia sebagai seorang insani yang mempunyai rasa tanggung jawab dengan bumi yang kita pijak saat ini. dengan kita bergerak yang dimulai dari diri kita, keluarga, kerabat dan masyarakat. dari tindakan yang kecil, maupun tindakan yang besar maka itu adalah tanda rasa bersyukur kita kepada Sang Pencipta terhadap Bumi yang kita huni ini.

 

Makna Pohon Bagi Kehidupan

 

Tahukan anda sebuah pohon sejuta manfaat, percaya tidak percaya pohon memiliki arti dan makna tersendiri bagi kehidupan manusia dan sangat berharga. Ibaratnya bagaimana jadinya kehidupan ini kalau tidak ada pepohonan yang menjadi tempat untuk sumber air.

 

Setiap daerah di Indonesia kehadiran pohon memiliki arti tersendiri. Pohon masih dianggap sesuatu yang sakral bahkan banyak masyarakat yang mengkeramatkannya. Artinya pohon keramat yang tidak bisa diganggu begitu saja. Artinya dengan kekeramatan ini memiliki nilai lingkungan yang tinggi dalam melestarikan bumi. Karena kepercayaan kepada kekuatan yang dimiliki pohon masih melekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia, tentu setiap daerah dan suku berbeda pula memandang arti sebuah pohon dan cara melestarikannya. Suku Baduy misalnya pohon sesuatu yang memiliki kekuatan gaib maka tidak boleh menebang pohon. Suku Dayak di Kepulauan Riau pohon adalah bagian dari alam yang menyatu sehingga tidak boleh ditebang sembarangan. Kehadiran pohon bagi bangsa Indonesia memiliki arti penting, bukan sekedar untuk melestarikan lingkungan.

 

Sebatang pohon begitu penting artinya, sampai-sampai dipandang sebagai “bekal yang cukup” untuk hidup sepuluh tahun ke depan?  Seperti pepatah cina diatas. Jawabannya tak lain adalah karena sebatang pohon mampu memberikan banyak manfaat. Di masa lalu, pohon adalah penyedia naungan, makanan dan kayu bakar bagi manusia. Kini, di masa yang bentuk kehidupannya lebih kompleks, peran pohon pun juga bertambah. Namun yang ironisnya terjadi bahwa tingkat pembangunan yang menyebabkan polusi masih setinggi saat ini.

 

Dalam kehidupan masyarakat sekarang ini mengapa pohon sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Dari beberapa referensi yang diolah bahwa manfaat dari menanam pohon diantaranya: 1) mengurangi efek rumah kaca, 2) pepohonan yang ditanam di sekitar rumah anda akan memberikan arti positif yang langsung dirasakan seperti meningkatkan kualitas air tanah, 3) pepohonan membersihkan udara yang kita hirup, 4) udara yang kering dan panas bisa diatasi dengan menanam pohon, 5) mengurangi erosi tanah khususnya di lahan miring, 6) pepohonan rindang yang ditanam di dekat badan air mencegah pendangkalan dan penyempitan badan air, 7) kondisi perkotaan yang terlihat kumuh dan gersang bisa diperbaiki dengan menanam pepohonan hijau dan membuat taman kota yang asri dan sejuk, 8). pohon-pohon yang hijau dan rindang dapat menghilangkan dan mengurangi efek stres penduduk di sekitarnya, 9) kondisi bumi yang makin panas, 10) kegiatan penanaman pohon dan semak-semak akan secara signifikan mengurangi polusi suara, 11) pepohonan yang ditanam di sekitar kita juga berpotensi menghasilkan angin sepoi-sepoi dari gesekan dedaunan yang memberikan efek nyaman bagi penghuni rumah, 12) bayangan tajuk pohon di pinggir-pinggir jalan bisa mengurangi efek silau dari jalan dan lapangan parkir juga dapat membuat suasana menjadi lebih sejuk dan segar, 13) daun-daun yang kering dari pohon yang berguguran ketika melapuk dan membusuk akan membentuk lapisan humus yang menyuburkan tanah dan meningkatkan kualitas media tanam bagi tanaman lainnya. Beberapa manfaat yang dirasakan dari pohon sangat memiliki nilai bagi kehidupan sehari. Namun demikian, sudahkan dilingkungan sekitar kita, ditanami pohon. Karena menanam pohon berarti menyelelamatkan kebugaran semangat anda.

 

Sudah banyak kelompok-kelompok ataupun komunitas-komunitas yang melakukan kegiatan menanam pohon untuk mengurangi kadar pemanasan global sekemampuan mereka, maka kita harus memberikan apresiasi terhadap mereka dan kita pun harus ikut bertindak membantu mereka dengan cara menanam pohon sekemampuan kita.

 

Wahai sahabat, kawan dan insan yang masih mempunyai rasa keprihatinan dan rasa tanggung jawab sebagi penghuni Bumi ini. mari kita bertindak dari sekarang pada detik ini, walaupun tindakan itu adalah tindakan yang kecil sesuai dengan kadar kemampuan kita, tetapi tindakan kecil kita itu akan menjadi sebuah makna yang besar bagi keselamatan Bumi kita ini. MARILAH KITA BERTINDAK…..🙂
Kategori:Pemanasan Global
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: