Jabon Putih

aacaa9ef0271f020bd0dabd5ab75bece_kayu-jabon

Jabon Putih

Gimana, dengan tanaman Jabon kalian, sudah pada tumbuh berapa meter?🙂 Kali ini, saya coba untuk menuliskan tentang Jabon Putih.
        Jabon putih atau dengan nama latin Antocephalus cadamba. Dilihat dari daunnya memiliki ciri daun halus dan tidak berbulu dan lebar daun sekitar 20-30 cm, warna daun bawah cenderung hijau dan daunnya jauh lebih kecil dari daun jabon merah. Dilihat dari batangnya memiliki ciri warna cenderung cokelat-kehitaman. Jabon putih memiliki kekerasan diatas kayu sengon dan dibawah mahoni, sangat bagus untuk kayu lapis dan mebel ringan warna  serat kayu putih cerah dan kekuningan, memiliki keras kelas III dan kelas awet IV. Pertumbuhan Jabon putih sangat pesat dibanding jabon merah dilahan yang sama, Jabon merah usia 7 tahun setara jabon putih usia 4 tahun. Pertumbuhan jabon putih kurang baik apabila di bawah naungan (toleran). Penyebaran alaminya merata di seluruh Indonesia. Jabon putih dapat dipanen pada umur 4 sampai 5 tahun.
Pada umur 5 tahun rata-rata volume dalam satu pohon adalah 0,7 – 1,2 m3 bahkan bisa lebih untuk perawatan maksimal. Perbanyakan dapat dibuat dengan cabutan/anakan di hutan, untuk membuat bibit dalam jumlah besar bisa dengan menyemaikan biji. Dari jumlah biji sebanyak  100 gram bisa menghasilkan kurang lebih 100.000 bibit. Jabon putih memiliki berat jenis (density) 0,42 (0,29 – 0,56) atau sedikit lebih rendah dibawah Jabon merah.
1.    Keunggulan Jabon Putih :
–  Diameter batang dapat tumbuh hingga 10 cm/tahun.
–  Masa produksi/pemanenan kayu jabon relatif singkat (4-5 tahun).
–  Batang berbentuk silinder dengan tingkat kelurusan yang bagus.
–  Tidak memerlukan pemangkasan karena cabang akan rontok sendiri saat tumbuh (self purning).
–  Pertumbuhan lebih cepat dibandingkan dengan sengon (albisia).
–  Jabon termasuk tumbuhan pionir dan dapat tumbuh di lahan terbuka atau kritis, seperti tanah liat, tanah lempung podsolik cokelat, dan tanah berbatu.
2.    Manfaat lain dari Jabon Putih:
Manfaat lain dari tanaman jabon putih, diantaranya mampu tumbuh di lahan kritis, tempat terbuka seperti pada bekas tebangan, bekas jalur sarad dan bekas ladang. Karena itu, proses tumbuh kembali (permudaan) untuk tanaman ini tidak begitu sulit. Jika perawatan dan pemeliharaan jabon putih dilakukan secara intensif,  hasil kayu yang diperoleh menjadi maksimal dan waktu masak tebangnya menjadi cepat.
Kalau antara jabon putih dan jabon merah pasti ada plus minusnya masing-masing. Serupa dengan nila profit yang dihasilkan. Dilihat secara penjualan bibit, jabon merah lebih menguntungkan. Jika dilihat secara log kayu, jabon putih lebih menguntungkan. Tapi ada baiknya untuk menanam keduanya, karena bisnis jabon sangat menguntungkan. baik jabon merah dan jabon putih. Tunggu apa lagi, order sekarang juga bibitnya di kami kemudian tanam, dan nikmatilah hasil keuntungannya..:)
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: