Tentang Yayasan

Yayasan Fondasi Ekonomi Bangsa

Latar Belakang

1. Pada  tahun. 1996 KADIN Jawa Barat mengadakan kerjasama dengan. Kamar Dagang dan Industri Jerman untuk Pengusaha Kecil (ZDH/Zentral Deutsche Handwerke). Pada tahun 1996 KADIN Indonesia telah memberi kepercayaan kepada KADIN Jabar untuk melaksanakan Program di wilayah Jawa Barat yakni Program Pemberdayaan Ekonomi Kecil melalui Pendampingan oleh Konsultan Usaha Kecil (KUK). Dalam kurun waktu kurang dari satu tahun kami telah membentuk jaringan KUK di 13 DT II.

2. KUK telah melaksanakan tugas yaitu membina Pengusaha Kecil (PK) di setiap Kabupaten dan mampu mengakses ke berbagai Lembaga, baik lembaga Pernerintah maupun lembaga Keuangan. Selain itu KUK berperan sebagai TIM MONITORING Pengusaha Kecil (PK) binaan PT Jasa Margadan PT Pupuk Kujang yang tersebar di 12 kabupaten. Tujuan dari Monitoring yaitu memberdayakan PK yang belum maupun yang sudah menjadi binaan BUMN. Pemberdayaan mencakup mengakses Sumber Bahan Baku, Produksi, Administrasi hingga tingkat Pemasaran.

Berdasarkan basil rapat kerja KUK yang dilaksanakan pada bulan Pebruari 1997. untuk meningkatkan kinerja KUK harus ada peningkatan dalam Organisasi. Berdasarkan Rekomendasi dari anggota KUK yang disetujui oleh rapat kerja KUK yang mana Organisasi harus terpisah, memiliki otonomi dari KADIN JABAR agar lebih mandiri.

Dasar Pemikiran

Yayasan dibentuk atas dasar keinginan turut serta aktif dalam upaya Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan yang dalam kiprahnya membina Pengusaha Kecil, Menengah dan Koperasi dengan pendekatan terhadap Operasional langsung dilapangan, yang secara ideal sejalan dengan Program Pemerintah Republik Indonesia, sesuai dengan UU No. 5 tahun 1984 tentang Perindustrian, UU No. 7 tahun 1992 tentang Perbankan, UU No. 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian dan UU No. 9 tahun 1995 tentang Usaha Kecil, serta SK Gubernur Kepala Daerah Tk I Jawa Barat No. 34 tahun 1995. Secara eksplisit dinyatakan dalam Pembukaan UUD-45 sebagai tujuan Masyarakat yang sejahtera, untuk tercapainya memerlukan kerja keras dan terus menerus melibatkan segenap POTENSI Masyarakat, yang mana kewajiban ini tidak hanya tanggung jawab Penyelenggara Negara dan Pemerintah belaka.

Berdasarkan pada pemahaman tersebut sudah sewajarnya tiap warga, Negara  harus menyadari bahwa KITApun terpanggil oleh tugas mulia tersebut. Dalam Program KEMITRAAN antara Pengusaha Kecil, Menengah dan Koperasi dengan Kelompok Pengusaha Besar melalui Badan PROMOSI dan Pengelola Keterkaitan Usaha (BPPKU), Yayasan berharap bisa berperan sebagai salah satu fasilitator.

Potensi-Potensi yang terdapat di Masyarakat dapat digali dan dikembangkan tmtuk mencapai kesejahteraan.

Untuk itu diperlukan suatu bentuk Kelembagaan yang Representatif dan Formal, selain kelembagaan-kelembagaan yang sudah ada. Salah satu lembaga alternativ yang dianggap tepat, Pendiri akan mampu menggali, mengerahkan dan memanfaatkan Potensi tersebut adalah YAYASAN, maka berdasarkan Notaris Dr. Wiratni Ahmadi, SH, didirikanlah Yayasan yang bernama “YAYASAN FONDASI EKONOMI BANGSA” Nomor 51 Tanggal 21-2-1997.

Tujuan

Yayasan Fondasi Ekonomi Bangsa bertujuan membantu Pemerintah dalam upaya mensejahterakan Masyarakat terutama Masyarakat kalangan bawah melalui penyelenggarakan kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia, Pembinaan dan Peningkatan Usaha Kecil dan Pengembanan Potensi Lingkungan. Berdasarkan pengalaman dan kondisi objektif dilapangan maka yang harus dilakukan antara lain:

Ikut serta mendukung Program Pemerintah, khususnya Pemerintah Daerah Tingkat I Provinsi Jawa Barat dalam upaya meningkatkan PembinaanPengusaha Kecil, Menengah dan Koperasi sehingga terwujudnya Usaha Kecil, Menengah dan Koperasi yang mandiri, tangguh dan modern serta menjadikan kekuatan ekonomi yang berakar dalam masyarakatnya sesuai dengan UUD-45 dan PANCASILA.

Ikut serta menumbuh kembangkan Swadaya Masyarakat melalui Pembinaan Pengusaha Kecil sehingga dapat berperan dalam memperkokoh struktur Ekonomi KERAKYATAN.

  1. Mencetak Pengusaha Baru yang memiliki potensi Kewirausahaan yang tinggi dan diutamakan dari PENGANGGURAN.
  2. Menjadi penghubung Program Kemitraan antara Pengusaha Kecil, Menengah dan Koperasi (PKMK) dengan Pengusaha Besar (PB) dan Lembaga KEUANGAN.
  3. Mengadakan Pemberdayaan Pengusaha, Kecil, Menengah dan Koperasi secara utuh dan menyeluruh, dari Pembinaan awal hingga MONITORING.
  4. Melaksanakan Program Pembinaan Pengusaha. Kecil, Menengah dan Koperasi secara konsekwen antara konsep dengan pelaksanaannya menyangkut kebutuhan akan Sumberdaya Manusia (SDM) Sumber Dana (SD), Pemasaran dan Teknologi tepat guna.
  5. Mengadakan berbagai forum PERTEMUAN, seperti Seminar, Lokakarya dan diskusi-diskusi mengenai Pengusaha Kecil, Menengah dan Koperasi dengan melibatkan pihak-pihak terkait baik Perbankan, Birokrat, Akademik, Swasta dalam maupun luar Negeri. Dalam upaya Pemberdayaan Pengusah Kecil, Menengah dan Koperasi tersebut maka YAYASAN FONDASI EKONOMI BANGSA mengadakan Pembinaan yang direalisasikan dalam bentuk Pendidikan dan Latihan (DIKLAT) serta dilapangan menerapkan pola KONSULTASI oleh tenaga-tenaga yang kami miliki.
  • VISI

Meningkatkan kemampuan Swadaya Masyarakat khususnya Pengusaha Kecil, Menengah dan Koperasi menjadi Pengusaha Tangguh dan Mandiri sehingga dapat dijadikan sebagai BASIS sebuah Bangunan PEREKONOMIAN BANGSA yang kuat.

  • MISI

Menghimpun berbagai Potensi Bangsa baik dari unsur Pemerintah maupun Swasta yang peduli terhadap nasib Orang Kecil dan nasib Bangsa secara keseluruhan.

Sasaran

Sasaran dari kegiatan-kegiatan Yayasan Fondasi Ekonomi Bangsa adalah Individu-individu atau Kelompok-Kelompok Masyarakat yang memerlukan bimbingan, dorongan, advokasi dan mediasi dengan pihak lain dalam mengembangkan Potensi-Potensinya. Terutama bagaimana bisa tersusunnya suatu bangunan EKONOMI dengan basisnya yang terdiri dari Usaha Kecil Menengah (UKM). Tentu basis im sangat tidak wellcome semasa ORBA, karena Tekhnokrat ORBA memiliki Visi-Misi yang berbeda dengan HARAPAN RAKYAT INDONESIA, yakni membangun Ekonomi Bangsa melalui sumber kekuatan KONGLOMERAT. Buktinya?

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: